Kamis, 01 Desember 2016

PENTINGKAH MANAGEMEN WAKTU?


Seberapa pentingkah kita memanage waktu yang kita miliki? Mengapa kita harus direpotkan dengan urusan
pengaturan waktu tersebut? Bukankah kita sudah diberi jatah waktu yang tidak pernah berubah? Bukankah semua orang juga memiliki waktu sama? Benar memang setiap orang diberi waktu yang sama tetapi hanya sebagian orang saja yang bisa memaksimalkan waktu yang dimilkinya menjadi sedemikian efisien.


Managemen waktu yaitu pengaturan waktu sedemikian rupa agar kita dapat membagi waktu seefektif mungkin sehingga berapa banyakpun pekerjaan kita tetap dapat terselesaikan dengan baik. Sesungguhnya banyak yang menganggap enteng masalah managemen waktu sehingga mengabaikannya begitu saja karena merasa tidak membutuhkannya. Siapapun kita apakah kita seseorang yang selalu sibuk dengan seabrek kegiatan yang padat ataupun seseorang yang banyak memiliki waktu luang managemen waktu adalah hal yang sangat penting. Coba kita perhatikan di sekitar kita mungkin ada orang yang begitu sibuk dengan berbagai kegiatan namun semua urusan yang lainnya dapat dikerjakan dengan baik. Tetapi adapula yang sebaliknya. Misalnya seorang wanita yang bekerja di luar juga sambil memiliki usaha sampingan dan aktif pula di berbagai kegiatan kemasyarakatan namun ia selalu bisa membereskan pekerjaan utamanya sebagai ibu rumah tangga dengan baik. Nah di sisi lain misalnya ada seseorang wanita juga yang hanya menjadi ibu rumah tangga saja tapi ia sering kali mengeluh kalau pekerjaannya mengurus urusan rumah tangga sudah begitu menyita waktunya sehingga ia kesulitan melakukan kegiatan di luar pekerjaan utamanya itu. Lalu apa yang salah padahal keduanya memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam ? Apa yang seharusnya dilakukan agar kita bisa membagi waktu yang kita miliki sehingga bisa bisa tetap mengerjakan banyak hal?

Pengaturan waktu sebaiknya kita mulai dengan menyusun rencana kerja kita setiap hari :
1. Catatlah apa yang akan kita kerjakan
     setiap hari dan buatlah jadwalnya.
2. Susunlah mulai dari pekerjaan penting
     yang diutamakan
3.  Kita dapat juga memisahkan catatan
     pekerjaan rutin kita dengan pekerjaan
     tambahan sehingga yang rutin akan
     terus digunakan sedangkan  yang
     tambahan akan sering di ganti.
4. Tetapkan berapa lama waktu yang di
     butuhkan untuk melakukan pekerjaan
      tersebut
5.  Prioritaskanlah pekerjaan yang di-
     utamakan dan usahakan selesai
     tepat waktu.
6. Gabungkanlah beberapa pekerjaan
     yang mungkin bisa dikerjakan ber-
     samaan waktunya.
7. Lakukanlah setiap hari dengan disiplin.


Tentunya dengan menjadwalkan kegiatan kita setiap hari tersebut akan membuat waktu kita lebih teratur dan akan terasa manfaatnya. Maka dari itu kita harus melakukan pencatatan agar lebih mudah menata waktu untuk melaksanakan pekerjaan kita sehingga tidak ada yang tertunda lagi.  Ya, melakukan pencatatan itu penting karena sebagai manusia kita ini makhluk yang sering lupa dan lalai sehingga bisa jadi mengabaikan yang seharusnya kita kerjakan dahulu atau mungkin malah berlama-lama dengan satu pekerjaan sehingga waktu kita sudah tersita untuk satu pekerjaan saja.

Demikianlah begitu pentingnya kita menyusun jadwal pekerjaan kita agar kita bisa disiplin dan menjadi kebiasaan sehingga semua pekerjaan kita akan selesai tepat waktu. Sehari 24 jam bisa saja banyak waktu terbuang sia-sia kalau kita tidak bijak mempergunakan waktu. Maka dari itu sangat perlunya kita mengatur waktu seperti halnya kita mengatur keuangan agar kita dapat memanfaatkan waktu itu lebih maksimal. Marilah lakukan managemen waktu mulai dari saat ini agar pekerjaan yang sudah kita rencanakan dapat terselesaikan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar