Selasa, 27 Desember 2016

CARA MENGHILANGKAN BATUK SECARA ALAMI

Sumber gambar : alodokter.com
Batuk adalah penyakit yang paling sering menyerang segala usia. Batuk berasal dari virus yang menimbulkan rasa gatal di tenggorokan. Biasanya batuk selalu disertai flu.Terkadang beberapa orang tidak terlalu menganggap batuk adalah penyakit yang serius. Namun batuk yang berkepanjangan cukup merepotkan penderitanya. Tenggorokan akan terasa perih, dada nyeri dan nafaspun bisa menjadi sesak. Hal tersebutlah yang dirasakan ketika batuk datang menyerang. Batuk yang tak kunjung sembuh harus diwaspadai karena bisa jadi merupakan gejala penyakit yang serius seperti paru-paru dan jantung

Segeralah memeriksakan diri ke dokter jika batuk Anda tidak segera sembuh.
Bila batuk baru menyerang Anda, cobalah atasi dahulu dengan beberapa pengobatan secara alami ini. Bisa jadi salah satunya manjur dan ampuh menghentikan batuk Anda.
1. Air Putih Hangat.
Ini adalah cara mengatasi batuk yang paling mudah karena air putih hangat pasti selalu tersedia di rumah. Air putih hangat akan melawan bakteri dan virus yang berada di tenggorokan.
2. Jeruk Nipis
Anda bisa menggunakan perasan jeruk nipis yang dicampur dengan kecap atau madu. Cobalah meminumnya sebanyak 3 kali dalam sehari.
3. Jahe.
Rasa pedas jahe akan membantu meredakan rasa gatal di tenggorokan. Selain itu jahe mengandung bahan anti peradangan. Anda bisa memotong jahe tipis-tipis atau menggeprek sepotong jahe lalu mencampurkannya dengan air hangat. Atau jika Anda tahan dengan rasa pedasnya bisa mengunyahnya langsung.
4. Daun Sirih
Daun sirih ampuh untuk mengobati berbagai masalah kesehatan termasuk batuk. Rebuslah beberapa lembar daun sirih dan tambahkan dengan irisan jahe. Minumlah air rebusannya sekali atau dua kali sehari.
5. Belimbing Wuluh
Asamnya rasa belimbing wuluh justru bisa membantu meredakan batuk. Rebuslah beberapa buah belimbing wuluh dan tambahkan adas serta sedikit gula. Minumlah air rebusannya setelah disaring
6. Kunyit
Kunyit adalah rempah alami yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Tumbuk halus kunyit dan campurkan ke dalam segelas susu. Kunyit bisa membantu meredakan batuk berdahak.
7. Cengkih
Cengkeh yang mempunyai rasa getir dan sedikit pahit bisa membantu meredakan batuk. Cengkeh mengandung zat yang dapat mengencerkan dahak.
8. Kencur
Kencur juga salah satu rempah yang berkhasiat menghilangkan batuk. Kunyahlah seruas kencur campurkan sedikit garam lalu telan dan minumlah air hangat.
Demikianlah beberapa bahan alami yang mudah kita temukan dan bisa digunakan untuk membantu mengatasi batuk. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar