Selasa, 03 Januari 2017

Pentingkah Membuat Resolusi di Awal Tahun ?

Sumber gambar : pixabay.com
Tahun 2017 sudah kita jalani beberapa hari. Segala harapan yang baik tentunya menjadi tumpuan untuk kita memulai perjalanan awal tahun dengan semangat yang baru.

Mungkin diantara kita ada yang sering mendengar tentang resolusi di awal tahun. Resolusi adalah sebuah janji pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu atau tidak lagi melakukan sesuatu.


Resolusi awal tahun memang seolah tradisi bagi seseorang untuk mulai menjalani tahun yang baru. Dengan membuat resolusi awal tahun sebenarnya bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidup kita selanjutnya. Resolusi bisa membuat kita meninggalkan hal yang buruk dan mulai melakukan hal yang baik.
Namun ada juga diantara kita yang belum pernah membuat sebuah resolusi di awal tahun karena merasa tidak mau terbebankan dengan sebuah komitmen. Jadi merasa lebih baik menjalani saja seperti air mengalir bebas bergerak mengikuti arus.

Mengapa tidak mulai saja saat ini menetapkan sebuah resolusi agar perjalanan kita dalam setahun lebih jelas arah dan tujuannya? Anggaplah sebuah resolusi itu bukan sebuah beban tetapi sebuah tuntunan yang akan membawa kita pada perubahan yang lebih baik lagi.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan dalam mempersiapkan sebuah resolusi agar dapat terwujud tepat pada waktunya.
1. Catatlah apa tujuan yang ingin kita capai di tahun ini. Atau apa saja kebiasaan yang ingin kita hilangkan dari diri kita. Mencatat adalah hal yang penting agar kita bisa selalu mengingatnya dan mencegah kemungkinan kita mengabaikannya karena kebanyakan dari kita akan lebih disiplin terhadap sebuah peraturan yang tercatat dari pada yang hanya diingat.

2. Pastikan resolusi yang kita buat adalah benar-benar tujuan yang kita prioritaskan di tahun ini. Kita harus memperkirakan kemampuan diri kita untuk dapat mewujudkan hal-hal yang sudah direncanakan tersebut dalam kurun waktu setahun. Jadi percuma kita menetapkan banyak resolusi tetapi sebagian besar terabaikan sehingga tidak tercapaikan dalam setahun tersebut. Jadi buatlah sebuah perencanaan yang matang.

3. Ciptakanlah motivasi diri agar tetap bersemangat ketika harus berhadapan dengan hal-hal tak terduga yang menghalangi kita untuk mewujudkan resolusi tersebut. Rencana bisa saja berjalan tak semulus yang kita harapkan. Hanya semangat dirilah yang akan menaklukan segala rintangan yang datang menghadang. Bayangkanlah seandainya kita tidak bisa mencapai resolusi yang sudah ditetapkan berarti ada waktu yang telah terbuang dengan sia-sia. Kesempatan yang saat ini ada jangan sampai diabaikan karena mungkin saja di tahun-tahun mendatang tidak sebaik lagi kesempatan di saat ini.

4. Fokuslah pada tujuan yang ingin dicapai. Melewati satu tahun tentulah banyak hal yang tak terduga yang bisa saja terjadi. Terkadang kita mungkin tergoda pada sesuatu yang bisa membuat kita berpaling dari arah tujuan semula. Yang perlu kita sadari adalah harus kembali mengingat resolusi awal kita dan mengapa kita membuat resolusi tersebut.

5. Percayalah pada diri sendiri. Hal ini adalah sangat penting karena tanpa modal percaya diri kita akan mudah patah semangat. Kita harus yakin bisa mewujudkan resolusi yang kita buat itu tepat pada waktunya. Keraguan pada diri sendiri justru akan membuat kita mudah goyah sehingga tidak tercapai pada tujuan yang diharapkan.

Demi memanfaatkan sang waktu agar tidak berlalu sia-sia maka membuat resolusi awal tahun itu bisa menjadi sebuah kebiasaan baru. Resolusi memudahkan kita untuk melewati sebuah proses secara bertahap untuk mencapai kehidupan yang kita harapkan di masa mendatang.
Memang sebenarnya kita bisa kapan saja mulai membuat sebuah resolusi dalam hidup kita. Namun di dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berpatokan pada penanggalan kalender Masehi. Jadi alangkah lebih baik kita lakukan berdasarkan kebiasaan tersebut karena akan lebih mudah menetapkan batas waktunya.

Mari kita membuat resolusi, mari rencanakan yang ingin kita capai di tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar