Sabtu, 05 November 2016

TOMAT DAN MANFAATNYA

Buah ini bernama latin Lycopersicon Esculentum dan merupakan tumbuhan asli dari Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Di Indonesia kita mengenalnya dengan sebutan tomat. Buah ini banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, C, K, folat, fotasium dan kandungan serat. Tomat juga banyak mengandung anti oksidan sebagai penangkal radikal bebas sehingga baik untuk kecantikan kulit.



Buah tomat sebenarnya lebih cenderung digolongkan ke jenis sayuran karena lebih sering diolah sebagai pelengkap memasak sayuran. Buah tomat juga sering digunakan untuk campuran membuat sambal. Rasa pedasnya cabai bercampur rasa asamnya buah tomat memberikan sensasi rasa yang mengundang selera makan. Tomat juga sering di komsumsi dengan cara di buat jus. Jus tomat sangat bagus untuk melancarkan pencernaan dan membantu program diet karena tomat mengandung banyak serat.

Tomat juga bisa langsung di makan tanpa di olah dahulu. Namun beberapa orang mungkin tidak suka dengan rasa asamnya dan bau khasnya tomat mentah.

Sebaiknya bagi yang mau mencoba mengkomsumsi langsung tomat tanpa di olah disarankan untuk merebusnya terlebih dahulu sebentar. Kandungan likopen di dalamnya justru akan meningkat kalau tomat direbus atau dikukus dahulu.

Likopen adalah zat warna merah yang merupakan pigmen karotenoid yang terdapat dalam buah atau sayuran. Likopen adalah senyawa antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang merupakan sisa hasil metabolisme yang menyebabkan kerusakan sel sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 

Tomat adalah salah satu buah yang banyak mengandung likopen.Namun harus diketahui juga bahwa mengkomsumsi likopen yang berlebihan juga tidak baik karena kelebihan likopen akan menimbulkan efek perubahan warna pada kulit menjadi orange kemerahan atau dikenal dengan nama Lycopenodermia.

Selain untuk kecantikan kulit dan diet mengkomsusi tomat juga baik bagi kesehatan tubuh antara lain :
- untuk kesehatan mata
- untuk mengontrol gula darah
- untuk kesehatan jantung
- untuk menjaga tulang dan gigi agar kuat dan sehat.
- menurunkan kolestrol
- mencegah kanker
- pembentukan otot
- memperkuat sistem kekebalan tubuh
- menngurangi resiko pembekuan darah.

Saat ini saya sudah mulai terbiasa mengkomsumsi buah tomat yang tanpa diolah. Pada awalnya memakan tomat mentah ini rasanya agak aneh dari pada memakan yang sudah di olah. Tapi setelah terbiasa saya merasa seperti memakan buah jambu biji yang matang.
Namun bagi yang tidak suka memakannya langsung bisa mengolah tomat ini terlebih dahulu seperti menambahkannya dalam campuran sayuran, sebagai pelengkap lalapan atau di buat aneka jus



Demikianlah sekilas kandungan dan manfaat yang beragam dari buat tomat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar