Kamis, 15 November 2012

PENYAKIT LANGGANAN


Entah sudah keberapa kalinya saya mengalami penyakit itu. Parah sih tidak tapi sering. Bahkan terlalu sering.  Makanya sampai saya sebut penyakit langganan. Bahkan penyakit ini berawal ketika saya masih kecil.  
Saya ingat ketika saya masih balita apabila penyakit tersebut datang di pagi hari saya menyelimuti tubuh saya berlapis-lapis.
Kemudian saya akan minta kepada ibu saya untuk membuatkan minuman panas seperti susu atau coklat dan saya akan meminumnya selagi masih panas.  Ya…sesudah meminum minuman panas tersebut tubuh saya perlahan mulai menghangat dan tak lama sesudah itu mulai berkeringat. Nah,  beberapa saat kemudian saya mulai merasa suhu tubuh saya kembali normal. Itu yang sering terjadi. Namun jika saya tidak sembuh sampai besok biasanya orang tua saya akan meminta dokter datang untuk memeriksa penyakit saya. Kemudian saya disuntik dan diberi obat. Untung saya bukannya anak yang takut sama jarum suntik dan nggak suka obat jadi nggak masalah harus melalui proses pengobatan seperti itu. Dalam beberapa hari sayapun sehat kembali.

Demam, flu dan batuk. Hampir tak ada yang tak pernah mengalaminya. Ini penyakit yang menyerang ketika daya tahan tubuh seseorang sedang lemah. Mungkin bagi sebagian orang penyakit ini terjadi nggak terlalu serius. Minum obat warung saja terus istirahat  sehari bisa sembuh sendiri. Bahkan seseorang mungkin hanya sekali sekali saja mengalami sakit ini. Tapi lain dengan diri saya. Hampir setiap bulan saya mengalaminya. Paling lama tiga bulan atau empat bulan sekali lah. Parahnya kadang nggak sembuh kalau hanya minum obat warung. Jadi harus tetap ke dokter.

Biasanya gejala awal yang saya rasakan adalah sakit tenggorokan sehingga susah nelan. Kemudian diikuti naiknya suhu tubuh. Namun yang di rasakan panas dingin. Sungguh tubuh sangat tidak nyaman kadang kadang disertai sakit di otot sampai terasa ke tulang. Kemudian timbul pilek. Tenggorokan sakit perlahan berubah jadi gatal kemudian jadi batuk. Begitulah proses penyakit tersebut berlangsung.

Perubahan cuaca kadang dianggap sebagai pemicu seseorang terserang penyakit tersebut. Ada pula yang mengatakan karena terkena hujan, masuk angin, banyak minum es, terlalu capek.  Namun sebenarnya bukan karena hal-hal tersebut yang menyebabkan seseorang terkena penyakit yang dikenal dengan nama influenza tersebut. Hal-hal tersebut memang bisa memperparah seseorang yang sesungguhya sudah terkena. Sedangkan penyebarannya adalah terjadinya kontak dengan sumber penularan sebelumnya 1 – 2 hari sebelumnya.

Influenza biasanya ditularkan melalui udara atau  oleh batuk atau bersin sehingga virus menyebar di udara sekitarnya.  Influenza juga ditularkan melalui ingus, air liur, kotoran dan darah. Virus influenza dapat mati oleh sinar matahari, disinfektan, dan deterjen.

Pada seseorang yang daya tahannya bagus terserang influenza hampir tidak disadari karena seperti masuk angin atau terkena panas dalam. Namun jika daya tahan tubuhnya lemah influenza menjadi penyakit yang sangat serius. Seperti yang saya alami ini saya bisa berhari-hari terbaring tak berdaya.  Apalagi dengan frekwensi yang sering seharusnya perlu mendapat perhatian khusus. Apakah yang terjadi dengan tubuh saya?  Sebegitu lemahkah daya tahan tubuh saya?

Wah, bagaimana ya cara mengatasinya. Sebab repot sekali kalau hampir setiap bulan terkapar karena demam dan flu. Paling tidak saya harus menghindari hal-hal yang menyebabkan keadaan lebih parah kalau saya sudah terkena flu. Semisal kena hujan, kena panas, terlalu capek agar penyakitnya nggak semakin berat.

Pencegahan influenza dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan, sering mencuci tangan dengan sabun atau cairan pencuci tangan, menghindari kontak dengan orang sakit dan tidak membuang ludah sembarangan.

Selain itu perbanyaklah komsumsi air putih. Air akan dapat mengurangi rasa kering di tenggorokan. Selain itu air dapat menghanyutkan virus dari dalam tubuh dan dikeluarkan dalam bentuk keringat dan air seni. Bagi yang mulai merasakan demam minumlah air hangat agar dapat mengurangi rasa dingin di tubuh sehingga dapat berkeringat.

Dan bagi yang sudah terkena sebaik istirahatlah di rumah dan hindari hal-hal yang dapat memperparah penyakit tersebut. Segeralah konsultasi ke dokter jika dalam 1 - 2 hari keadaan tidak membaik.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar