Jumat, 15 Juni 2012

TIDAK PERCAYA DIRI PENGHALANG UNTUK MAJU


Memang sangat tidak menyenangkan jika kita terjebak dalam rasa tidak percaya diri . Dan kalau dibiarkan terus menerus akan membelenggu diri kita untuk berkembang.  Rasa tidak percaya diri akan membuat kita meragukan kemampuan diri kita sendiri. Sehingga yang tertanam dalam pikiran kita adalah ketidakmampuan melakukan yang lebih baik dari yang biasa kita lakukan.
Apalagi kalau harus mencoba melakukan hal-hal yang baru.  Belum mencoba tetapi di hati sudah berbisik  “pasti tidak bisa”, “pasti  nanti salah”. Jadi akhirnya tidak pernah mencoba sama sekali. Orang yang tidak percaya diri  selalu dibayangi rasa khawatir melakukan kesalahan dan merasa takut menerima kritik. Sehingga  cara yang paling aman adalah tetap melakukan hal-hal yang biasa dilakukan.

Rasa tidak percaya diri itu bisa muncul awal mulanya dari perlakuan orang-orang terdekat kita. Sikap orang-orang terdekat kita yang mungkin  pernah melecehkan dan meremehkan diri kita sehingga  membuat kita percaya bahwa diri kita memang seperti yang mereka katakan. Kata-kata yang mencemooh, melecehkan dan merendahkan seolah memberikan sugesti dalam diri seseorang bahwa itulah dirinya yang sebenarnya.  Selain itu rasa tidak percaya diri itu juga bisa timbul karena status social, karena ketidak sempurnaan fisik. Bahkan rasa tidak percaya diri bisa timbul karena perlakuan orang tua terhadap anak yang over protective sehingga anak tersebut akan tumbuh menjadi anak yang kurang mandiri dan tidak memiliki rasa percaya diri karena selalu di anggap tidak mampu mengambil keputusan yang tepat untuk dirinya sendiri.

Seharusnya  rasa percaya diri ditumbuhkan semenjak kecil agar seseorang  mempunyai tujuan hidup  dan cita-cita yang kuat. Karena tanpa adanya rasa percaya diri yang kuat sulit membuat seseorang untuk maju dan berkembang. Bahkan sama sekali tidak berani bermimpi untuk merubah kehidupannya ke arah yang lebih baik.  Ataupun mungkin ada yang berpendapat terima sajalah hidupmu apa adanya , jangan berharap banyak dan bermimpi menjadi seperti orang lain. Tentu saja pendapat tersebut tidak salah. Kita tidak harus merubah diri kita jadi orang lain kok. Tapi kita kan tetap punya peluang untuk maju dan meraih kesuksesan dengan cara kita sendiri. Tentu semua butuh proses dan kerja keras untuk menggapainya. Jadi rasa percaya tetap harus tumbuh karena merupakan modal untuk menepis semua rintangan dan penghalang kita untuk lebih maju. Maka dari itu sapu bersih semua pikiran negative yang bersarang di hati yang membuat rasa percaya diri kita  hilang. Siapapun kita punya kesempatan untuk menjadi orang yang dihargai karena kemampuan kita. Mulailah  untuk menghargai diri sendiri. Percayalah tak ada seorangpun yang lahir ke dunia untuk menjadi orang yang sia-sia. Semua dari kita telah diberikan peran untuk menyempurnakan kehidupan dunia ini. Mari melangkah maju dan yakin bahwa kita adalah ciptaan Tuhan yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar