Rabu, 29 Februari 2012

TAHUN KABISAT


Waktu terasa begitu cepat bergulir.  Dua bulan pertama 2012 telah terlalui. Hari ini hari penutup bulan Februari yaitu hari ke 29. Memang bulan ini  agak berbeda karena usianya yang lebih pendek dari bulan yang lain. Namun di tahun 2012 ini kita menemukan bulan Februari yang sampai 29 hari setelah di tahun sebelumnya hanya berjumlah 28 hari.  Dengan tambahnya satu hari di bulan Februari ini maka jumlah tahun ditahun 2012 menjadi 366 tahun. Ini yang biasa kita sebut Tahun Kabisat. Tahun Kabisat hanya terjadi setiap empat tahun sekali . 

Menurut kalender Masehi perjalanan satu tahun itu adalah perjalanan bumi mengitari matahari. Dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kenal dengan Revolusi Bumi. Menurut perhitungannya bumi itu memerlukan waktu selama 365,25 hari atau 365 hari  5 jam 56 menit untuk mengitari matahari. Maka untuk  seperempat hari atau 5 jam 56 menit itulah setiap empat tahun akan di gabungkan jadi satu hari dengan menjadikannya  satu tahun 366 hari. Dan itu akan di tambahkan di bulan Februari sehingga menjadi 29 hari seperti yang terjadi di hari ini. Begitulah  kira-kira menurut perhitungan yang sederhana. Dan penanggalan tersebut ditetapkan oleh seorang ahli perbintangan di zaman Kekaisaran Romawi.

Oleh karena itu sampai saat ini kita yang mengikuti kalender Masehi  hanya menemukan tanggal 29 Februari  empat tahun sekali. Dan itu terjadi pada tahun yang habis dibagi dengan  4. Jadi  bagi yang punya hari bersejarah di tanggal 29 Februari maka  sangat disayangkan tidak bisa merayakannya setiap tahun. Tapi sebaiknya tidak usah berkecil hati anggap saja itu suatu keunikan yang tidak di miliki kebanyakan orang.  Nah , karena uniknya ada tidak yang mau melangsungkan pernikahan di tanggal 29 Februari. Jadi merayakan ulang tahun pernikahannya empat tahun sekali.  Bukankah akan jadi momen yang  lebih istimewa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar