Minggu, 08 Januari 2012

APALAH ARTI SEBUAH NAMA


Apalah arti sebuah nama? Pasti sering dengar ungkapan tersebut. Nama memang bisa banyak yang sama. Mungkin yang lebih penting tentu sosoknya atau karakternya. Memiliki nama yang singkat dan sederhana tentulah mudah untuk diingat. Namun nama yang singkat biasanya sangat banyak yang sama. Seperti nama saya ini yang cukup sederhana ternyata banyak sekali yang menyamainya.
Bahkan ketika saya ingin membuat alamat email dan blog  dengan menggunakan nama saya ternyata sudah tidak bisa. Terpaksa harus di tambah embel-embel yang lain. Apalagi kalau mencari nama saya di facebook bakalan bingung karena ada banyak sekali nama yang sama.

Ketika masih sekolah dahulu saya dipertemukan dengan seseorang  yang bernama sama dengan saya. Dan kami  malah pernah sekelas. Bahkan pernah ketika itu nilai rapor saya dan nilai rapornya tertukar. Jadi ketika itu guru kami harus meralat kembali dan mengganti rapor kami dengan yang baru. Dan waktu itu saya berpikir kenapa sih sudah namanya sama di tempatkan di kelas yang sama  juga. Kan akhirnya jadi repot. Pada saat itu saya juga ingat ada guru kami yang namanya hampir mirip juga dengan nama saya. Cuma kelebihan satu huruf saja.  Untungnya tidak sama persis. Begitulah di sekolah saja sudah ada yang sama apalagi di luar sana.

Masihkah nama tidak begitu penting? Nyatanya saat ini banyak orang meyakini nama itu bisa mengandung hoki atau sebaliknya.  Coba perhatikan banyak pasangan yang akan memiliki anak saat ini akan merancang nama anak mereka dengan nama yang memiliki arti khusus, nama-nama yang mengandung makna yang positif. Tentunya mereka berharap dengan memberikan nama yang mengandung makna yang positif akan berdampak pada sifat dan kehidupan anaknya kelak.  Dengan keperdulian tentang sebuah nama saat ini membuat beberapa penulis membuat buku-buku tentang arti nama yang berasal dari berbagai bahasa.

Di dunia hiburan banyak artis-artis mengganti nama asli mereka dengan nama baru yang lebih unik yang diyakini bakal mendongkrak popularitas mereka. Di dunia kepenulisan juga banyak  penulis lebih di kenal dengan nama penanya.

Melihat fenomena tersebut tentulah kita bisa mengambil kesimpulan bahwa pemberian nama saat ini sudah begitu penting. Sudah sangat jarang kita mendengar nama seorang anak yang terdiri dari  4 huruf, 5 huruf ataupun 6 huruf saja. Bahkan seorang anak bisa memiliki nama yang cukup panjang lebih dari dua atau tiga kata dan biasanya itu memiliki makna tertentu.

Hal ini tentulah  sudah berbeda dengan zamannya orang tua kita atau kakek nenek kita pada saat mereka memberi  nama kepada anak-anak mereka. Yang singkat, sederhana , tidak usah panjang-panjang, yang mudah diucapkan dan diingat. Mungkin hanya sebagian kecil saja yang memperhatikan makna nama tersebut. Alhasil dalam satu kelurahan ada beberapa nama yang sama.

Begitulah zaman memang sudah berubah. Pemikiran manusia juga mengalami perubahan. Yang dulu dianggap sepele dan tidak begitu penting  tetapi sekarang menjadi begitu penting. Apalagi pemberian nama seorang anak selalu dilakukan dengan acara selamatan. Nama seolah akan menjadi ucapan atau do’a bagi orang yang menyebutnya terhadap seseorang yang disebut.

Dengan kenyataan saat ini akankah kini kita mengganti ungkapan Apalah Arti Sebuah Nama menjadi Pentingnya Arti Sebuah Nama?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar